Koneksi HDMI

emerald-koneksi-hdmiAda banyak metode yang dapat digunakan untuk koneksi video. Diantaranya adalah:

  • Component Video, koneksi ini membawa sinyal video analog dipisahkan menjadi dua saluran untuk color dan satu saluran lain untuk luminance. Kabel untuk component video menggunakan konektor RCA.
  • S-video, koneksi ini mentransmisikan sinyal analog menggunakan satu kabel dengan 4 pin.
  • DVI atau Digital Visual Interface, adalah koneksi 29-pin yang biasa digunakan dengan monitor komputer. Tidak seperti composite video dan s-video, koneksi ini membawa sinyal digital.

Semula HDTV pengadopsi koneksi DVI, akan tetapi kemudian digantikan dengan HDMI sejak DVI dan HDMI menggunakan protokol TMDS yang kompatibel. Diperlukan adaptor agar bisa menghubungkan kabel HDMI ke port DVI.

Konektor DVI dan HDMI memiliki beberapa kesamaan lainnya. Keduanya menggunakan grid pin untuk mengirimkan sinyal dari kabel ke perangkat. Sementara DVI memiliki konektor 29-pin, konektor tipe A HDMI memiliki 19 pin. Sebuah konektor DVI menggunakan sepasang sekrup sedangkan HDMI tidak. Ada juga versi mini HDMI yang digunakan pada perangkat yang lebih kecil seperti camcorder digital serta konektor 29-pin tipe B, meskipun sebagian besar perangkat konsumen menggunakan tipe A.

Dari pin konektor HDMI, sinyal perjalanan melalui pasang twisted pairs tembaga. Tiga saluran audio dan video perjalanan melalui dua pin masing-masing, untuk total enam pin. TMDS clock, yang memungkinkan perangkat untuk menyinkronkan data yang masuk, perjalanan melalui sepasang pin. Masing-masing dari keempat jumlah pasangan memiliki perisai – kawat lain yang melindungi dari gangguan dari tetangga-tetangganya. Saluran TMDS clock dan perisai membuat sebagian besar pasangan kabel dalam kabel HDMI.

Bagaimana HDMI bekerja
Sinyal lain yang melakukan perjalanan melalui kabel HDMI hanya perlu satu pin. Satu saluran tersebut adalah consumer electronics channel (CEC). Jika perangkat Anda mendukung itu, saluran ini memungkinkan mereka untuk mengirim instruksi untuk satu sama lain. Misalnya, HD-DVD player otomatis bisa menghidupkan penerima home theater dan HDTV ketika disk dijalankan. hot plug detect channel, yang menggunakan satu pin,  ketika plug in atau unplug perangkat, re-inisialisasi link HDMI jika perlu. Satu-pin display data channel (DDC) membawa informasi perangkat dan informasi enkripsi HDCP dibahas pada bagian sebelumnya. Saluran lain membawa data enkripsi dan listrik untuk daya komunikasi antara perangkat.

Kabel sendiri terdiri dari dua kategori. Kategori 1 memiliki kecepatan 74,25 MHz. Kategori 2 dipercepat sampai 340 MHz. Kebanyakan kabel adalah kategori 2.

Selain konektor dan kabel, standar HDMI berlaku untuk bagaimana set TV dapat melakukan sinkronisasi suara dengan video dan layar warna. Kemampuan ini telah berubah secara signifikan selama beberapa revisi standar, yang kita akan membandingkan pada bagian berikutnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us
%d blogger menyukai ini: